Penentuan Logam Merkuri di dalam Jaringan Ikan

Penentuan kandungan merkuri di dalam jaringan ikan sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena konsumsi merkuri yang berlebihan pada ikan maupun organisme laut lainnya akan memberikan pengaruh yang cukup penting terhadap kesehatan manusia. Kandungan merkuri di dalam tubuh manusia dihubungkan langsung dengan pengkonsumsian terhadap ikan laut.

Secara umum bentuk organik dari unsur merkuri lebih beracun dari pada bentuk anorganiknya. Ikan dan organisme laut lainnya dapat terakumulasi metil merkuri melalui adsorpsi secara langsung organisme tersebut terhadap logam merkuri di dalam air melalui sistem rantai makanan. Spesies yang paling besar dan tinggi levelnya biasanya akan lebih berpotensi mengalami paparan yang tinggi pula (Silva, dkk 2006).

Metoda yang paling sering digunakan dalam penentuan total merkuri di dalam sampel ikan dan makanan lainnya adalah metoda Analisa Spektrofotometri Serapan Atom Uap Dingin (CVAAS). Hal ini disebabkan karena sensitivitas dan kestabilannya yang cukup tinggi.

Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan upaya peningkatan sensitivitas AAS uap dingin. Diantaranya dengan menvariasikan sumber radiasi yang digunakan, dan memakai panjang gelombang 184,9 nm .

Sedangkan pada penelitian kali ini, telah dilakukan upaya peningkatan sensitivitas AAS uap dingin dengan mengembangkan suatu minianalyzer untuk penentuan merkuri pada panjang gelombang 184,9 nm. Hasil yang diperoleh, sensitivitas dari alat ini meningkat bila dibandingkan dengan panjang gelombang yang biasa digunakan sebesar 253,7 nm. Sampel ikan yang digunakan pada penelitian ini diubah ke dalam bentuk larutan dan selanjutnya dianalisa menggunakan suatu gabungan minianalyzer dengan sistem vapor-generation model MHS-10 dari Perkin Elmer.

dikutip dari http://id.shvoong.com/exact-sciences/chemistry/2034326-penentuan-logam-merkuri-di-dalam/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s