Apakah benar kalau gigi dapat diputihkan dengan mengelap menggunakan air jeruk perasan?

Saya dengar kalau gigi dapat diputihkan dengan mengelap gigi menggunakan kawat yang diberi perasan jeruk. Apa benar demikian?

Jawaban:

Pertama-tama, mari kita lihat struktur gigi berikut ini :

Lapisan Gigi

Permukaan gigi dikelilingi oleh lapisan yang disebut email. 95% email terbuat dari zat yang diseut “hidroksiapatit”, yang sangat keras dan kuat. Didalamnya terdapat dentin, yang mengelilingi saraf di pusat.

Berikutnya mari kita perhatikan hidroksiapatit. Zat ini sangat keras, tapi mudah dirusak oleh asam. Bahkan, gigi , setelah direndam dalam cuka selama semalam, dapat dipotong dengan mudah menggunakan pisau.

Mengapa hidroksiapatit dapat cepat merusak gigi?Rumus kimia zat ini adalah Ca10(PO4)6(OH)2. Reaksi berikut ini terjadi di permukaan gigi bila terdapat asam di permukaannya.

Ca10(PO4)6(OH)2 + 8H+ ↔ 10Ca2+ + 6(HPO4)2- + 2H2O

Persamaan ini berarti bahwa reaksi akan mengarah ke sisi kanan dengan penambahan asam (ion H+).

Jadi, semakin banyak asam ditambahkan, semakin mudah hidroksiapatit terlalrut ke dalam air ludah.

Reaksi ini terjadi pada pH yang lebih rendah dari 7. Reaksi ini disebut “dekalsifikasi “karena kalsium dalam hidroksiapatit terlarut.

Reaksi ini juga penting dalam menjelaskan kerusakan gigi. Bakteri dalam plak menguraikan gula dan membentuk asam. Hidroksiapatit pada permukaan gigi terlarut oleh asam ini. Ini adalah penyebab utama kerusakan gigi.

Bersamaan dengan itu, air jeruk perasan adalah larutan asam kuat (pH=2) karena asam sitrat yang terkandung dalam air jeruk. Mungkin benar kalau gigi bisa diputihkan untuk sementara dengan mengelap gigi menggunakan air jeruk perasan, karena hidroksiapatit pada permukaan gigi terlarut oleh asam (H+) dalam air jeruk lalu muncul permukaan yang baru. Bagaimanapun, analog ini dapat juga mengakibatkan kerusakan gigi secara sengaja. Karenanya, tindakan ini sangat TIDAK dianjurkan.

dikutip dari http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/apakah-benar-kalau-gigi-dapat-diputihkan-dengan-mengelap-menggunakan-air-jeruk-perasan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s