Unsur – Unsur Mineral

Mineral yang ada di alam ini sangat bervariasi namun tidak semua mineral yang ada di alam dibutuhkan oleh tubuh, sebagian justru berbahaya walau dalam jumlah yang sedikit.

Misal : Arsen (As) yang dapat menyebabkan iritasi usus, dan kerusakan syaraf dan sel.

Unsur – unsur mineral dapat kita ditemukan dalam bahan makanan yang kita konsumsi. Bahan makanan tersusun atas 96% zat organik dan air, yang 4%nya baru unsur mineral (zat anorganik).

Mineral dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu.

Jika tubuh kekurangan mineral maka dapat menyebabkan penyakit, tetapi mineral juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebih karena dapat mengganggu kesehatan.

Misalnya natrium, yang dalam kadar berlebih dapat menyebabkan hipertensi.

Unsur mineral dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

  • Unsur mineral makro yaitu Unsur – unsur mineral yang terdapat di dalam tubuh dalam jumlah yang besar ( > 0,005 % berat badan), meliputi : Natrium (Na), Klor (Cl), Kalsium (Ca), Fosfor (P), Magnesium (Mg), Belerang (S), Kalium (K).
  • Mineral Mikro (Trace Element) yaitu Unsur – unsur mineral yang terdapat di dalam tubuh dalam jumlah yang sedikit ( < 0,005 % berat badan), meliputi : Besi (Fe), Iodium (I), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Kobalt (Co), Fluor (F).

Saat ini kita bahas satu persatu mulai dari unsur mineral makro.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan unsur mineral yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh. 39 % dari keseluruhan unsur mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah kalsium. Oleh karena itu, Unsur ini sering terdapat dalam kadar yang kurang memadai dalam tubuh. Namun jika kita mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan karang di ginjal.

Tubuh memerlukan kalsium dalam jumlah besar terutama pada masa kanak – kanak, ibu hamil dan laktasi (menyusui) untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayinya. Jika intake kalsium kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu hamil.

99% kalsium terdapat dalam jaringan keras (seperti tulang dan gigi) dan 1% sisanya bersirkulasi dalam darah, cairan intra dan ekstra sel.

Peranan Kalsium :

  • Membentuk tulang dan menjaganya tetap kuat; Oleh karena itu jika bayi & anak – anak kekurangan kalsium maka pertumbuhannya akan terhambat.
  • Membentuk aktivitas otot jantung, yaitu mengatur ritme jantung mengerut dan mengembang, sehingga dapat menjaga normalitas kerja jantung.
  • Dalam proses pelepasan neurotransmitter (zat dalam otak yg berfungsi membewa pesan antar sel syaraf) dan sangat dibutuhkan untuk mengaktifkan dan mengistirahatkan pesan otak. Oleh karena itu, jika kekurangan kalsium pengaktifan / pengistirahatan pesan otak akan kacau. Akibatnya tidur tidak nyenyak, insomnia, gelisah dan pikun (Daya ingat berkurang àIon kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinyal syaraf).
  • Ion kalsium akan memberi tanda ketika kuman / virus / racun masuk ke dalam tubuh dan memerintahkan sisitem kekebalan tubuh untuk beraksi & menaklkukan benda asing tersebut. Oleh karena itu jika kekurangan kalsium daya tahan tubuh akan melemah dan akan mempengaruhi kecerdasan anak.

—Kecukupan kalsium rata-rata sehari untuk Indonesia, yaitu :

  • 0 – 6 bulan 210 mg/hari
  • 6 – 12 bulan 270 mg/hari
  • 1 – 3 tahun 500 mg/hari
  • 4 – 8 tahun 800 mg/hari
  • 9 – 18 tahun 1.300 mg/hari
  • Dewasa 19 – 50 tahun 1.000 mg/hari
  • Dewasa 51+ tahun 1.200 mg/hari

(Widya Karya Pangan dan Gizi LIPI 1993)

Bahan makanan yang merupakan sumber kalsium adalah susu, ikan laut, udang, keju, daun singkong, kacang panjang, brokoli, kubis, nasi, daging, gandum, roti.

Absorpsi kalsium dibantu oleh vitamin D, vitamin C dan laktosa, sedangkan oksalat dan fitat justru akan mengganggu absorpsi kalsium.

Jika tubuh kekurangan kalsium maka yang akan terjadi :

  • Pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat;
  • Melemahkan kerja otot jantung , sehingga mengakibatkan berbagai penyakit jantung;
  • Riketsia pada anak – anak.
By chemistryaddict Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s