Ilmu Kimia

Apakah setiap hari Anda bersinggungan dengan kimia ?

Ya… Tanpa kita sadari setiap hari mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, bahkan saat tidurpun kita selalu bersinggungan dengan kimia. Sebagai contoh udara yang kita hirup adalah oksigen. Apakah Anda mennyadari bahwa Oksigen adalah salah satu contoh senyawa kimia yang memiliki rumus kimia O2? Pada saat mandi, Andapun membutuhkan senyawa kimia berupa air (H2O), sampho dan sabun.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan ilmu kimia ?

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang materi, yang meliputi susunan, struktur, sifat dan perubahannya, serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

Lalu apa itu Materi ?

Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Ada ratusan materi yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari – hari, seperti air, alkohol, oksigen, udara, termometer, stetoskop, dan sebagainya.  Namun dalam kehidupan sehari – hari istilah massa seringkali disamakan dengan berat, padahal massa dengan berat itu berbeda.

Apa perbedaan massa dengan berat ?

Setiap benda mempunyai massa, yaitu ukuran kelembaman atau ukuran bertahannya suatu benda terhadap suatu gaya. Oleh karena itu, massa suatu benda bergantung pada jumlah materi penyusunnya. Semakin banyak materi penyusun suatu benda semakin besar ukuran kelembamannya, maka semakin besar pula massanya.

Sedangkan Berat adalah ukuran besarnya gaya tarik gravitasi yang dialami oleh suatu benda. Artinya berat bergantung pada besarnya percepatan gravitasi di tempat benda tersebut berada, sehingga benda yang sama dapat memiliki berat yang berbeda jika diukur di tempat yang berbeda gravitasinya sedang massa suatu benda akan selalu tetap di manapun benda tersebut berada.

Contoh :

Berat sebuah benda di bumi akan berbeda dengan beratnya di bulan. Benda yang mempunyai berat 97,8 Newton di bumi akan mempunyai berat 16,3 Newton saja di bulan, karena percepatan gravitasi di bulan 1/6 kali percepatan gravitasi di bumi.

Berat dapat dihitung dengan mengalikan massa suatu benda dengan percepatan gravitasi dimana benda tersebut berada.

Benda yang bermassa 10 kg dibumi akan tetap bermassa 10 kg di bulan.

Jadi jika kita menimbang badan, berarti kita sedang menggukur berat atau massa ?

Ya… Benar kita senang mengukur massa tubuh kita :>

Dari pengertian ilmu kimia diatas telah dijelaskan bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang materi, yang meliputi susunan, struktur, sifat dan perubahannya, serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa kita hanya akan mempelajari mengenai susunan, struktur, sifat dan perubahan, serta energi yang menyertai perubahan dari suatu materi.

Kita contohkan materinya adalah Air

Jika kita memandang air dari segi ilmu kimia maka :

Air atau H2O ini artinya air tersusun atas 2 atom hidrogen & 1 atom oksigen,

Struktur air : bentuk huruf V,

Sifat air : mendidih pada suhu 100 C & membeku pada suhu 0 C,

Perubahan : pada suhu 100 C terjadi perubahan wujud dr cair ke gas, pada suhu 0 C terjadi perubahan wujud dr cair ke padat

Energi yg menyertai perubahan tsb :

Cair menjadi Gas : membutuhkan energi, sedangkan Cair menjadi Padat : membebaskan energi.

Dapatkan bentuk ppt (power point)nya dengan mengklik :

Ilmu kimia